Dukung Program Laku Pandai OJK, BNI Luncurkan Tabungan BNI Pandai

Written By : BNI
Publish Date : 2015-06-08

Bima, 8 Juni 2015.  PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI meluncurkan Tabungan BNI Pandai yang dapat dibuka melalui Agen BNI 46, sebagai agen Laku Pandai BNI. Peluncuran produk tabungan ini merupakan bentuk dukungan BNI terhadap Program Laku Pandai atau Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) sebagai konsep branchless banking yang digagas Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

BNI memulai program ini dari sebuah kawasan yang memang sangat membutuhkan keberpihakan dalam hal peningkatan literasi keuangan, yaitu di Desa Kolo, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat. Bima dipilih karena tingkat literasi keuangan masyarakat di sekitar lokasi tersebut masih belum maksimal. Hal tersebut sejalan dengan dasar pembentukan Program Laku Pandai sendiri yang menghendaki perluasan akses Lembaga Keuangan kepada masyarakat, terutama di kawasan Indonesia Timur.

Peluncuran Tabungan BNI Pandai ini dilaksanakan di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, Senin (8 Juni 2015). Hadir pada acara tersebut Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad, Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH Zainul Majdi, Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, dan Direktur Konsumer Banking BNI Anggoro Eko Cahyo.

Achmad Baiquni mengatakan, peluncuran Produk Tabungan BNI Pandai di Bima ini sekaligus dimulainya layanan Laku Pandai BNI di beberapa tempat, antara lain di Kupang - Nusa Tenggara Timur, dan di Mataram - Nusa Tenggara Barat. Beragam jasa perbankan BNI kini dapat dinikmati masyarakat yang tidak memiliki akses ke bank secara langsung. Bima menjadi pilihan tempat peluncuran pertama karena BNI memang berniat mengembangkan agen-agen Laku Pandai ke Indonesia Bagian Timur.

Jasa perbankan yang dapat dilayani oleh agen-agen Laku Pandai BNI pada fase awal penyelenggaraannya ini adalah Pembukaan Rekening, Setor Tunai, dan Tarik Tunai Tabungan  BNI Pandai. Ke depan, tentunya jasa perbankan di agen akan dikembangkan mengacu pada kebutuhan dan tujuan dari pengembangan Agen. Tabungan BNI Pandai merupakan tabungan untuk perorangan dengan persyaratan mudah dan ringan yang diterbitkan oleh BNI dengan karakteristik basic saving account (BSA). 

“Laku Pandai merupakan peluang untuk mengembangkan basis Nasabah dan channel distribution selain Cabang, mengingat jumlah Cabang yang terbatas,” ujar Achmad Baiquni. 

BNI memperkirakan dapat menjalin kerja sama dengan 3.000 agen perorangan dan badan hukum yang tersebar di seluruh Indonesia pada tahap awal pelaksanaan Laku Pandai ini. Dengan adanya agen yang menjadi representasi dari bank, BNI memperoleh keuntungan berupa penghematan biaya pembukaan outlet baru. Para agen Laku Pandai akan memperkaya jaringan outlet BNI yang hingga 31 Maret 2015 memiliki 1.772 outlet.

Program Laku Pandai ini dibentuk sebagai usaha untuk menyediakan akses layanan keuangan bagi masyarakat yang belum mengenal, menggunakan, dan/ atau mendapatkan layanan perbankan dan layanan keuangan lainnya; memperluas akses layanan keuangan, industri perbankan, dan industri jasa keuangan lainnya; menyediakan layanan keuangan tanpa kantor (branchless banking).

BNI akan mengembangkan layanan Laku Pandai pada produk-produk yang diperkenankan oleh OJK, yaitu kredit atau pembiayaan untuk nasabah mikro, asuransi mikro, serta produk keuangan lainnya berdasarkan persetujuan OJK. Agen atau pihak yang bekerjasama dengan BNI dapat berupa agen perorangan maupun agen badan hukum. Agen perorangan antara lain pimpinan/ orang di dalam perusahaan tidak berbadan hukum seperti CV atau Firma, organisasi informal seperti gabungan kelompok tani, maupun sekolah termasuk pondok pesantren. Adapun agen berbadan hukum antara lain Perseroan Terbatas, Perusahaan Daerah atau Koperasi.

BNI menyiapkan teknologi yang digunakan untuk Agen yaitu Electronic Data Capture (EDC) Mini ATM yang dapat digunakan untuk transaksi tarik tunai, setor tunai, cek saldo, pembayaran tagihan, membeli pulsa, dan transfer antar rekening, serta Web base yang digunakan untuk pembukaan rekening, tarik tunai, setor tunai, dan agent management


MengenaiTabungan BNI Pandai

Tabungan BNI Pandai dapat dibuka melalui Agen BNI 46 maupun Kantor Cabang BNI.  Pemilik Tabungan  BNI Pandai mendapatkan bunga mulai dari saldo rekening Rp 1,- dan dibebaskan dari biaya Administrasi bulanan, biaya Pembukaan Rekening, biaya Transaksi Penyetoran Tunai, Transaksi Transfer Masuk, Transaksi Pemindahbukuan, serta Biaya Penutupan Rekening.

Tabungan BNI Pandai dapat dimiliki oleh perorangan dalam mata uang rupiah. Maksimum saldo rekeningnya ditetapkan Rp 20 juta, dan maksimum transaksi debet sebesar Rp 5 juta per bulan (baik penarikan, pemindahbukuan atau transfer keluar). BNI memberikan layanan transaksi terkait tabungan ini mulai dari Pembukaan Rekening, Penyetoran, dan Penarikan tunai.

Agen BNI 46 yang diresmikan pada hari ini, harus memenuhi persyaratan antara lain Warga Negara Indonesia, Wajib bertempat tinggal di lokasi tempat penyelenggaraan Laku Pandai, memiliki rekening tabungan perorangan,  memiliki nomor handphone dan/ atau alamat email yang masih aktif, dan memiliki reputasi yang baik di lingkungan setempat. Agen BNI 46 juga wajib memiliki penghasilan utama dari kegiatan usaha lainnya selama minimal 2 (dua) tahun, dan belum menjadi agen dari bank penyelenggaran Laku Pandai lainnya. 


Mengenai BNI

BNI merupakan salah satu bank terbesar di Indonesia, yang per 31 Maret 2015 memiliki 1.772 outlet yang tersebar di 34 provinsi dan 420 kabupaten/ kota. Untuk melengkapi pelayanan kepada masyarakat, BNI juga memiliki 24 Sentra Kredit Menengah (SKM), 58 Sentra Kredit Kecil (SKC), 111 Unit Kredit Kecil (UKC), dan 12 Consumer & Retail Loan Center (LNC). 

Selain itu, BNI memiliki lima kantor cabang di luar negeri; yaitu di London, New York, Tokyo, Singapura, Hong Kong; satu sub branch di Osaka; Limited Purpose Branch di Singapura; dan satu anak perusahaan di Hong Kong, BNI Remittance Limited, yang khusus menangani transaksi kiriman uang. Remittance representative officeryang tersebar di Malaysia, Korea Selatan, Hong Kong,Qatar, Bahrain, Uni Emirat Arab, Belanda dan Amerika Serikat.

Untuk jaringan elektronik, per 31 Maret 2015, BNI memiliki 14.082 ATM yang tersebar di 34 provinsi dan 420 kabupaten/ kota termasuk 6 (enam) ATM di luar negeri, yaitu 4 ATM di Hong Kong dan 2 ATM di Singapura. Jaringan ATM itu diperkuat juga oleh 49.933 ATM LINK, 70.825 ATM Bersama, serta 82.095 jaringan ATM Prima. Selain itu terdapat fasilitas phone banking 24 jam BNI Call 1500046 atau melalui ponsel (021) 1500046 dan 68888, serta SMS Banking dan BNI Internet Banking www.bni.co.id untuk kebutuhan transaksi perbankan dengan ratusan fitur transaksi.

Bagi nasabah institusi bisnis, BNI memberikan layanan cash management secara onlinetrade finance, perdagangan internasional (ekspor/impor) dan remittance/pengiriman uang yang didukung oleh jaringan cabang luar negeri dan 1.675 koresponden di seluruh dunia, baik bank maupun non bank. 

Untuk memperluas jaringan usahanya dan memberikan layanan keuangan terpadu, khususnya di industri keuangan, BNI memiliki 4 anak perusahaan, yaitu BNI Syariah (perbankan syariah), BNI Life (perasuransian), BNI Securities (pasar modal), dan BNI Multifinance (pembiayaan).


Penghargaan BNI 

  1. 1. The Best Performance Walk in-Channel sekaligus mempertahankan Best Overall Performance Ranking Kedua berdasarkan survei Banking Service Excellence Monitor (BSEM) dari Marketing Research Indonesia (MRI) dan Majalah Infobank, Jakarta (4 Juni 2015). 

  2. 2. The Most Favourite Leadership dari Indonesia Property and Bank Award (IPBA) 2015 dari Majalah Property & Bank di Jakarta, 21 Mei 2015. Diterima oleh perwakilan CMM. 

  3. 3. The Asian Banker Transactional Banking Award 2015 sebagai Best Cash Management Bank in Indonesia dan Leading Counterparty Bank in Indonesia dari Majalah The Asian Banker, Hong Kong (14 April 2015).

  4. 4. Peringkat Pertama Digital Brand of The Years dari iSentia dan Infobank untuk Produk BNI Taplus dan Kartu Debit BNI, Jakarta, Kamis (26 Maret 2015)

  5. 5. Best Remittance Provider 6 tahun berturut-turut, Best Trade Solution of the Year in Southeast Asia 5 tahun berturut-turut, Best Payable Solution 4 tahun berturut-turut, Best Cross Border Merger & Acquisition Deal of The Year (BNI Life) and co-financial advisers (BNI Securities) serta Best Loan Deal of the Year untuk proyek Commuter Line PT Kereta Api Indonesia bersama 4 bank lainnya.

  6. 6. Indonesia Best Overall Corporate GovernanceIndonesia Best for Disclosure & TransparencyIndonesia Best for Investor Relations, serta Indonesia Best for Shareholder's Right and Equitable Treatment dari Majalah Finance Asia.

  7. 7. Top Brand Award untuk produk BNI Taplus Anak dan BNI Tapenas dari Majalah Marketing di Jakarta, 13 Februari 2015. 

  8. 8. Pioneer in Green Finance in Indonesia dalam SBA Award dari PricewaterhouseCoopers (PwC) dan Kadin Indonesia dan IBCSD (Indonesia Business Council for Sustainable Development) Jakarta 25 Februari 2015.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

Kiryanto, Corporate Secretary BNI

Telp: 021-5728387, Email : bni@bni.co.id

OJK
OJK

TUTUP REKENING

BUKA REKENING

SETORAN TUNAI

TARIKAN TUNAI