Buka E-Warong KUBE PKH Pertama di Papua Kemsos, BNI, & Bulog Gandeng Lembaga Masyarakat Adat

Written By : BNI
Publish Date : 2016-12-08

Wamena, 8 Desember 2016 --- Warung Gotong Royong Kelompok Usaha Bersama Elektronik Program Keluarga Harapan atau e-Warong KUBE PKH Non Tunai untuk pertama kali dibuka di tanah Papua. Langkah ini menjadi salah satu terobosan penting dalam membuka jalur penyaluran bantuan sosial atau subsidi secara non tunai atau secara digital dari pemerintah pusat di Jakarta ke penerima manfaat di Papua. Dengan penyaluran secara digital, maka bantuan sosial atau subsidi akan dapat didistribusikan secara lebih tepat sasaran, tepat jumlah, dan tepat waktu. 

Untuk menjaga agar keterlibatan masyarakat Papua tetap tinggi terhadap e-Warong KUBE PKH ini, Kementerian Sosial Republik Indonesia, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI, dan BULOG mengajak Lembaga Mayarakat Adat (LMA) Papua dalam mengoperasikannya.  

E-Warong KUBE PKH Non Tunai yang pertama dibuka di Papua diresmikan di Wamena, Rabu (7 Desember 2016). Hadir pada peresmian tersebut Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa, Staf Khusus Kepresidenan Lenis Kogoya, Direktur Hubungan Kelembagaan dan Transaksional Perbankan BNI Adi Sulistyowati, dan Pemerintah Daerah Jaya Wijaya. 

Adi Sulistyowati mengungkapkan, BNI sangat siap menyalurkan Bantuan Sosial atau Subsidi secara nontunai karena BNI telah menyiapkan Program Penyaluran Bansos Non Tunai PKH sejak awal. Sebelumnya, BNI telah mengujicoba Program Penyaluran Bansos Non Tunai PKH di beberapa kota di Jawa dan hasilnya memuaskan. 

“Uji coba tersebut dilaksanakan dalam kerangka pengembangan e-Warong KUBE PKH Non Tunai antara lain di Malang, Sidoarjo, Mojokerto, Surabaya, DKI Jakarta, Solo, Boyolali, Semarang, Bogor, Kulon Progo, Kota Yogyakarta, Bandung, Kediri, Probolinggo, dan Pasuruan. BNI bersama Kementerian Sosial mulai memperluas cakupannya ke luar Jawa, yaitu di Denpasar. BNI siap melayani penerima manfaat di seluruh jaringan BNI yang didukung oleh lebih dari 1.800 outlet, lebih dari 14.000 Agen46, dan lebih dari 16.000 ATM,” ujarnya. 

Pada peresmian e-Warong KUBE PKH Non Tunai di Wamena ini, BNI telah memastikan penyaluran bantuan sosial PKH dilakukan secara non tunai, melalui uji coba penyaluran menggunakan mesin Electronic Data Capture BNI. Pada kesempatan yang sama juga sempat diujicoba transaksi pembelian bahan kebutuhan pokok yang disediakan di e-Warong KUBE PKH Non Tunai oleh masyarakat penerima manfaat dengan menggunakan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Pembelian ini dilakukan pada tingkat harga khusus karena e-Warong KUBE PKH Non Tunai juga berstatus sebagai Rumah Pangan Kita, program penyaluran subsidi pangan yang dilakukan oleh Bulog. 

Seperti e-Warong KUBE PKH Non Tunai lainnya di daerah lain, e-Warong KUBE PKH Non Tunai Wamena juga berstatus sebagai Agen 46 BNI. Dengan demikian, masyarakat penerima bantuan sosial dapat membuka tabungan BNI dan melakukan transaksi perbankan di dekat rumahnya, tanpa harus mendatangi kantor cabang BNI terdekat. Sehinggam perluasan e-Warong KUBE PKH Non Tunai hingga ke Papua ini akan turut mendorong program inklusi dan literasi keuangan pada masyarakat Wamena dan sekitarnya. 

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi:

Kiryanto, Corporate Secretary BNI

Telp: 021-5728387, Email : bni@bni.co.id

OJK
OJK

TUTUP REKENING

BUKA REKENING

SETORAN TUNAI

TARIKAN TUNAI